Hari ini aku UTS perdana di semester 2 !
pembuktian jati diri again.
semoga aku sukses, aku sudah mempersiapkan diri akau
aku sudah belajar, materi yang aku punya sudah ku pelajari dan kisi-kisi soalnya pun sudah ku pahami :)
well insyallah aku siap !
nah, hari pertama ini aku UTS pendidikan Kewarganegaraan
bahan materinya seingat aku ada 6 deh, yaitu :
1. Pengantar Pendidikan kewarganegaraan
2. Hak Azasi Manusia
3. Hak dan Kewajiban warga negara
4. Demokrasi
5. AstaGrata Di Batam
6. Identitas dan Integrasi Nasional
Kira-kira Soal untuk UTS kayak gimana ya? huuuf confuse ni akunya :(
tapi untung dosen aku baik hati :)
jadi kami di beri contoh soal yang kemungkinan akan keluar, ni buktinya
Kisi-kisi Soal UTS
Uraikan
Pendapat saudara tentang kompetensi yang diharapkan dari Pendidikan
kewarganegaraan !
pendidikan kewarganegaraan merupakan usaha
untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan
denga hubungan antara warga negara dan negara serta pendidikan pendahulauan
bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan
negara kesatuan Republik Indonesia."
Pendidkan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. Dari pendidikan kewarganegaraan dapat di harapkan meningkatkan rasa cinta tanah air sehingga akan dapat Memahami, menganalisis, dan menjawab masalah – masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita – cita dan tujuan nasinonal seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945
Pendidkan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. Dari pendidikan kewarganegaraan dapat di harapkan meningkatkan rasa cinta tanah air sehingga akan dapat Memahami, menganalisis, dan menjawab masalah – masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita – cita dan tujuan nasinonal seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945
Jelaskan maksud "Susunan Pancasila yang bersifat hirarkis dan
berbentuk piramida " !
Hal yang dimaksud dengan pancasila
bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal adalah dalam pancasila ini berarti
memiliki hubungan antara kelompok sila yang ada dalam pancasila dan bersifat
erat. Hirarkis sendiri memiliki arti yaitu pengelompokan / penggolongan. Diantara sila² Pancasila memp hub saling mengikat, shg merup suatu
keseluruhan yg bulat; tdk dpt dipisah/dipecah; merup satu kesatuan bulat &
utuh
Apa yang dimaksud dengan identitas nasional !
Identitas
Nasional Indonesia adalah ciri-ciri atau sifat-sifat khas bangsa Indonesia yang
membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan melahirkan tindakan secara kolektif yang
diberi sebutan nasional. dentitas
Nasional meliputi segenap yang dimiliki suatu bangsa yang
membedakannya dengan bangsa lain seperti kondisi geografis, sumber kekayaan alam,
demografi atau kependudukan, ideolgi dan agama, politik negara, ekonomi, dan
pertahanan keamanan.
Apa yang dimaksud dengan Integrasi nasional !
integritas nasional identik
dengan integritas bangsa yangmempunyai pengertian suatu proses penyatuan atau pembauranberbagai aspek sosial
budaya ke dalam kesatuan wilayah danpembentukan identitas nasional atau
bangsa (Kamus Besar BahasaIndonesia: 1989 dalam Suhady 2006: 36-37) yang harus dapatmenjamin terwujudnya
keselarasan, keserasian dan kesimbangandalam mencapai tujuan bersama sebagai
suatu bangsa. Integrasi
mempunyai dua dimensi, antara lain: integrasi horizontal dan integrasi
vertikal. Dimensi vertical dalam integrasi nasional bertujuan mengintegrasikan
persepsi dan prilaku elite dan masa dengan cara menghilangkan, mengurangi
perbedaan kesenjangan antara kelompok yang berpengaruh dengan yang dipengaruhi.
Sedangkan dimensi horizontal mengintegrasikan antara kelompok-kelompok dalam
masyarakat, dengan cara menjembatani perbedaan – perbedaan yang ditimbulkan oleh
factor-faktor teritorial/kultur dengan mengurangi kesenjangan yang ditimbulkan
oleh factor-faktor tersebut.
Uraikan pendapat saudara bahwa globalisasi dapat bepengaruh
negative terhadap kehidupan bangsa indonesia dan beri contoh !
Pengaruh Globalisasi Terhadap Ekonomi
Dampak postif dari golobalisasi adanya semakin terbukanya pasar di dunia
internasional, kita jadi mudah dalam melakukan ekspor dan impor, semakin banyak
barang-barang luar negeri yang bisa kita beli di negeri kita sendiri.
dampak negatifnya adalah, bagi yang kalah bersaing, bisa mematikan usaha
negeri sendiri. Sebagai contih seperti serbuan produk china, produk mereka
mulai dari baju, mainan, perlengakapan rumah di jual lebih murah dari pada
produk kita sendiri, dengan kualitas yang hampir sama. Sehingga banyak
pengusaha yang gulung tikar akibat produk mereka tidak laku, kalah dengan
produk china.
Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan
Dunia pendidikan di Indonesia juga terpengaruh arus globalisasi.
Tapi juga adanya internet bisa berdampak negatif, karena internet yang
sangat bebas, jika tidak diawasi, siswa bisa saja mendapat informasi-informasi
yang merusak moral dan menyesatkan. Perlu adanya bimbingan orang tua dan guru
dalam menjelajahi internet untuk mencari informasi.
Kekuasaan Pemerintah di tangan rakyat jelaskan maksud tersebut!
kekuasaan
pemerintahannya berasal dari rakyat, baik
secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi
perwakilan). sebagai
"pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat". Hal
ini berarti kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat dan
rakyat mempunyai hak,
kesempatan dan suara yang
sama di dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Melalui
demokrasi, keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak. Dengan
adanya sistem demokrasi, kekuasaan absolut satu pihak melalui tirani, kediktatoran dan
pemerintahan otoriter lainnya
dapat dihindari. Jika
penyelenggara Negara dalam menerapkan kebijakannya tidak sesuai dengan
keinginan rakyat atau bertentangan dengan keinginan rakyat banyak, maka mereka
harus siap dikritik dan ditolak dengan berbagai cara yang dilakukan oleh
rakyat. Cara penolakan atau kritik tersebut bisa melalui unjuk rasa atau protes
dengan mendatangi lembaga perwakilan rakyat atau melalui tulisan baik di mass
media cetak atau media elektronik.
Sebutkan dan jelaskan salah satu sejarah perkembangan pemikiran
HAM di dunia!
Tonggak awal berlakunya HAM
internasional ialah pada Deklarasi Universal Hak Asasi
Manusia (DUHAM) pada 10 Desember 1948 di
Paris, Prancis. Disini tonggak deklarasi universal mengenai hak asasi manusia
yang mengakui hak setiap orang diseluruh dunia. Deklarasi ini ditanda tangani
oleh 48 negara dari 58 negara anggota PBB dan disetujui oleh majelis umum PBB.
Perumusan penghormatan dan pengakuan norma-norma HAM yang bersifat universal,
nondiskriminasi, dan imparsial telah berlangsung dalam sebuah proses yang
sangat panjang.
Sejarah awal hak asasi manusia di barat berkembang sejak tahun 1215 yaitu dalam Magna Charta yang berisi aturan mengenai tindakan dan kebijakan negara supaya tidak berjalan sewenang-wenang. Yang memuat pandangan bahwa raja yang tadinya memiliki kekuasaan absolut ( raja yang menciptakan hukum, tetapi ia sendiri tidak terikat dengan hukum yang dibuatnya), menjadi dibatasi kekuasaannya dan mulai dapat diminta pertanggung jawabannya dimuka hukum .
Sejarah perkembangan selanjutnya ditandai dengan munculnya The American Declaration of Independence yang lahir dari paham Rousseau dan Montesquice. Mulailah dipertegas bahwa manusia adalah merdeka sejak didalam perut ibunya, sehingga tidaklah logis bila ia harus di belenggu, selanjutnya pada tahun 1789 lahirlah The French Declaration ( Deklarasi Prancis ) dimana ketentuan tentang hak lebih dirinci lagi sebagaimana dimuat dalam The Rule of Law yang antara lain berbunyi tidak boleh ada penangkapan dan penahana yang semena-mena, termasuk penangkapan tanpa alasan yang sah dan penahanan tanpa surat perintah yang dikeluarkan oleh pejabat yang sah. Dalam kaitan itu berlaku prinsip Presumption of Innocent artinya orang-orang yang ditangkap kemudian ditahan dan dituduh berhak dinyatakan tidak bersalah sampai ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang menyatakan ia bersalah. Kemudian prinsip itu dipertegas oleh prinsip Freedom of Expression ( Kebebasan mengeluarkan pendapat ), Freedom of Religion ( Kebebasan menganut keyakinan / agama yang dikehendaki ), The Right of Property ( Perlindungan hak milik ) dan hak-hak dasar lainnya. Jadi dalam Frech Declaration sudah tercakup hak-hak yang menjamin tumbuhnya demokrasi maupun Negara hukum .
Perkembangan yang lebih signifikan adalah dengan kemunculan The Four Freedoms dari Presiden Roosevelt pada tanggal 06 Januari 1941, yang berbunyi sebagai berikut :“ The First is Freedom of Speech and expression every where in the world. The second is freedom of every person to workship god in his own way every where in the world terms, mean economic understandings which will secure to every nation a healty peacetime life for its inhabitans every where in the world the fourt is freedom from fear which, translated into world terms, mean a worldwide reduction of armaments to such a point and in such a trought fashion that no nation will any neighbour anywhere in the world”
Berdasarkan rumusan diatas, ada empat hak yaitu hak kebebasan dan menyatakan pendapat, hak kebebasan memeluk agama dan beribadah sesuai dengan ajaran agama yang dipeluknya, hak kebebasan dari kemiskinan dalam pengertian setiap bangsa berusaha mencapai tingkat kehidupan yang damai dan sejahtera bagi penduduknya, kah kebebasan dari ketakutan, yang meliputi usaha, pengurangan persenjataan, sehingga tidak satupun bangsa ( Negara ) berada dalam posisi berkeinginan untuk melakukan serangan terhadap Negara lain..
Pemikiran HAM terus berkembang dalam rangka mencari rumusan Ham yang sesuai dengan konteks ruang dan zamannya. Secara garis besar perkembangan pemikiran HAM dibagi pada empat generasi. Generasi pertama berfokus pada bidang hukum dan politik disebabkan oleh dampak dan situasi perang dunia II, totaliresmi dan adanya keinginan Negara-negara yang baru merdeka untuk menciptakan suatu tertib hukum yang baru. Generasi kedua tidak hanya berfokus pada hak yuridis melainkan juga hak-hak social, ekonomi, politik, dan budaya. Generasi ketiga adalah reaksi dari generasi kedua, yaitu menjanjikan adanya kesatuan antara hak ekonomi, social, budaya, politik dan hukum dalam satu keranjang yang disebut dengan hak-hak melaksanakan pembangunan ( the rights of development ). Sebagai istilah yang diberikan olehInternational Commision of Justice.dan Generasi keempat yang mengkritik peranan Negara yang sangat dominant dalam proses pembangunan yang terfokus pada pembangunan ekonomi dan menimbulkan dampak negative seperti diabaikannya aspek kesejahteraan rakyat.
Jelaskan tentang asas kewarganegaraan di dunia!
a. Asas Ius Soli (Low of The Soli)
Adalah asas yang
menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan negara tempat kelahiran.
b. Asas Ius Sanguinis ( Law of The
Blood)
Adalah penentuan kewarganegaraan
berdasarkan keturunan/pertalian darah. Artinya penentuan kewarganegaraan
berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya bukan berdasarkan negara tempat
kelahiran.
c. Asas Kewarganegaraan Tunggal
Adalah asas yang menentukan satu
kewarganegaraan bagi setiap orang.
d. Asas Kewarganegaraan Ganda
Terbatas
Adalah asas menentukan
kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai gengan ketentuan yang diatur dalam
undang-undang ini.
Sebutkan aspek pancagatra!
1. Ideologi
2. Politik
3. Ekonomi
4. Sosial Budaya / Sosbud
5. Pertahanan Keamanan / Hankam
2. Politik
3. Ekonomi
4. Sosial Budaya / Sosbud
5. Pertahanan Keamanan / Hankam
Jelaskan kekuatan dan kelemahan aspek sosial budaya dalam analisis
asta gatra di batam!
Kondisi yang ada:
Adanya kondisi Batam yang multietnis menyebabkan
Batam menjadi kaya akan budaya baik itu budaya asli melayu atau Tionghoa maupun
pendatang.
Hasil produk budaya tersebut akhirnya juga beragam
sehingga Batam sangat kaya akan aneka macam bentuk budaya
Kekuatan:
•
Kekayaan akan
keberagaman multietnis tersebut bisa menjadi kekuatan untuk potensi pariwisata.
•
Adanya
rencana Batam untuk mengadakan Visit Batam 2010 sudah dimeriahkan jauh-jauh
hari sehingga dapat makin memperkuat penyelenggaraannya nanti di tahun 2010.
•
Kedekatan
Batam dengan luar negeri menjadikan Batam sebagai pintu masuk utama oleh
wisatawan dari luar negeri. Apalagi Batam merupakanmenempati urutan ketiga
untuk pengunjung terbanyak dari luar negeri selain Jakarta dan Bali.
Kelemahan:
•
Keragaman
akan budaya masih kurang terkelola dengan optimal
•
Selain
keragaman budaya tersebut juga perlu dikelola dengan cermat agar tidak
menimbulkan konflik sosial
Yang perlu dilakukan:
•
Adanya
rencana Visit Batam 2010 juga akan makin bagus jika dapat melibatkan
unsur-unsur budaya yang lain yang bukan berasal dari melayu. Caranya dengan
melibatkan peran serta setiap paguyuban etnis yang berbeda yang ada di Batam.
•
Karena
letaknya yang berdekatan dengan negara tetangga, maka Kepri bisa
menyelenggarakan pentas budaya lintas negara untuk makin memperkuat kunjungan
wisata di masing-masing negara. Selain itu kedekatan wilayah tersebut bisa juga
dimanfaatkan dengan mengadakan kerjasama pendidikan seperti kunjungan guru dan
pertukaran pelajar.
Nah, itu kisi-kisi soalnya
semoga aja yang keluar kayak begituan semua ya #AMIN
jawabannya itu hasil dari penelusuran aku loh bukan dari dosen yang baik hati itu, dari situlah aku belajar kalau engga ya aku bingung juga mau mulai belajar dari mananya, secara materinya banyak gitu (-____-")
bohong aja :P
BalasHapusahahaa yayaaaaak :D Seriusan
Hapus